penjelasan dan komponen tentang GUI (graphical user interface)

GUI(GRAPHICAL USER INTERFACE )§  GUI = Grafical User Interface adalah teknik pemrograman window dengan menggunakan komponen window sehingga user dapat berinteraksi dengan nyaman dengan window Seluruh komponen window seperti Menu, Label, Button dll adalah subclass dari class Component§  Interface berfungsi sebagai  sarana bantu agar user dapat berinteraksi dengan program
§  GUI (Graphic User Interface )
            - Interface yang digunakan dalam bentuk grafikIstilah Penting pada GUI-         Container adalah Wadah untuk meletakkan komponen- komponen GUI.
-         Komponen GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain:
§  Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuItem
§  Combo box: JCombobox
§  List: JList
§  Menu: JMenu, J MenuItem
§  Label: JLabel
§  Text Field:JTextField
§  Tabel : JTabel
Komponen Komponen Tools Pada Netbeans Swing Containers
No.
Tools
Fungsi
1.
Panel              
Untuk mengelompokkan komponen-komponen.
2.
Split Pane
Menampilkan dua komponen dalam ruang yang tetap, memungkinkn user untuk menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk setiap komponen.
3.
Tool Bar
Sebagai tempat untuk menampilkan tool-tool yang bertujuan mempermudah user dalam mengoperasikan beberapa tool-tool yang mungkin sering digunakan.
4.
Internal Frame
Merupakan frame internal (di dalam frame utama). membuat banyak window (multi-window) di dalam satu frame.
5.
Tabbed Pane
Membuat frame yang terdiri dari tab-tab yang bisa dipilih oleh user.
6.
Scroll Pane
Menyediakan scroll bar di sekeliling perubahan ukuran komponen.
7.
Desktop Pane
8.
Layered Pane
Menyediakan tiga lapis dimensi untuk memposisikan komponen.
    Swing Controls
No.
Tools
Fungsi
1.
Label
Untuk memberikan keterangan tambahan atau indentitas pada tombol atau perintah lainnya.
2.
Toggle Button
Button yang selalu berada dalam salah satu dari dua kondisi. Setiap klik pada button akan merubah dari kondisi satu ke kondisi lainnya.
3.
Radio Button
Untuk meminta user agar memilih satu dari lebih dua pilihan, contoh penggunaannya adalah ketika kita mengisi data diri untuk pilihan jenis kelamin.
4.
Combo box
Berfungsi untuk menyisipkan beberapa pilihan / perintah, sehingga dengan Combo Box ini lebih menghemat tempat, karena dalam Combo Box ini terdiri dari beberapa pilihan.
5.
Text Field
Untuk membuat kolom agar kelak bisa diisi perintah-perintah teks atau angka oleh user, semisal pada pembuatan aplikasi kalkulator “text field” berfungsi menampilkan hasil dari hitungan kalkulator tersebut.
6.
Scroll Bar
Untuk menggeser jendela (windows) secara vertikal.
7.
Progress Bar
Digunakan untuk menampilkan status proses.
8.
Password Field
Tempat untuk mengisikan password yang kita miliki.
9.
Separator
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah antar garis yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat.
10.
Editor Pane
Sebuah  panel yang digunakan untuk mengedit tulisan.
11.
Tabel
Menampilkan atau menyisipkan tabel pada aplikasi yang nantinya akan kita buat.
12.
Button
Kontrol yang tampil pada layar dengan bentuk tertentu yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan di tengahnya.
13.
Check Box
Memilih lebih dai satu pilihan, dengan menyimpan data dan akan menampilkannya ketika di klik.
14.
Button Group
Untuk menggabungkan seluruh button supaya menjadi satu kesatuan fungsi.
15.
List
Untuk menampilkan beberapa item.
16.
Text area
Tempat mengetikkan tulisan yang berada dalam kotak yang mempunyai fungsi scroll.
17.
Slider
Berfungsi sebagai visualisasi proses perjalanan dari sebuah musik atau video.
18.
Formatted Field
19.
Spinner
Berisi angka yang diletakkan secara ringkas atau berupa daftar, ketika kita membutuhkan angka lebih kecil, kita tinggal klik tanda panah      sampai muncul angka yang kita inginkan, atau sebaliknya misalkan kita butuh angka lebih besar klik tanda panah sampai muncul angka yang kita inginkan.
20.
Text pane
Menampilkan teks dan membolehkan user untuk mengeditnya.
21.
Tree
Menampilkan data dalam bentuk hirarkis.
           Swing Menus
No.
Tools
Fungsi
1.
Menu Bar
Untuk menciptakan tab-tab menu yang nantinya dipergunakan untuk perintah menu yang diinginkan.
2.
Menu
Membentuk perintah menu yang masih bisa dilanjutkan ke menu yang lebih khusus.
3.
Menu Item
Berisi perintah-perintah spesifik yang ada dalam menu bar, sehingga perintah-perintah pada menu item lebih khusus.
4.
Menu Item/CheckBox
Memberi tanda (V) pada menu perintah tertentu supaya komputer melakukan seperti apa yang kita perintahkan.
5.
Menu Item/Radio Button
Untuk melakukan rating atau survey sesuatu alamat website atau digunakan pada perintah pemilihan halaman cetakan pada printer.
6.
Popup Menu
Menu yang akan tampil secara otomatis atau apabila kita menggerakkan kursor mouse pada area tertentu, biasanya berisi tentang informasi suatu obyek/icon/menu.
7.
Separator
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah antar garis yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat.
   -       Event : Sinyal yang dibangkitkan untuk merespon aksi dari user.
§  Contoh: aksi dari klik mouse/ keyboard
§  Aksi tsb akan ditangani oleh Event Handler
-       Dialog
§  Sebuah Window kecil untuk menampilkan info sederhana pad user
-       Layout
§  Sebuah  window utama dapat terdiri dari beberapa komponen yang dapat disesuaikan dengan layout
-       Menu
§  Adalah sekumpulan perintah yang dapat dipilih user untuk menjalankan perintah tertentu. Menu dibuat untuk memudahkan user mengetahui fasilitas yang tersedia pada suatu program.
API(aplication programming interface) untuk GUI§  AWT (Abstract Window Toolkit):Library dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh Java, Sun tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT
§  Swing or JFC (Java Foundation Class):Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari Java dan yang direkomendasikan Sun untuk pemrograman GUI. Komponen Swing sebagian besar adalah turunan AWT dan lebih lengkap daripada AWTü Komponen Dasar SwingSecara umum terdapat 5 bagian swing yang akan sering digunakan yaitu:1. Top-level Container, merupakan container dasar dimana komponen lainnya akandiletakkan. Contoh container seperti ini, yaitu Frame, Dialog, dan Applet yangdiimplementasikan berupa class Jframe, Jdialog, dan Japplet.2. Intermediate Container, merupakan container perantara dimana komponenlainnya akan diletakkan, salah satu contohnya pane yang diimplementasikanberupa class Jpanel.3. Atomic Component, merupakan komponen yang memiliki fungsi yang spesifik,dimana umumnya user langsung berinteraksi dengan komponen jenis ini. ContohJbutton, Jlabel,JtextField, dan JtextArea4. Layout Manager, berfungsi untuk mengatur bagaimana tata letak atau posisikomponen yang akan diletakkan, satu sama lain di dalam suatu container. ContohBorderLayout, BoxLayout,FlowLayout, GridBagLayout, dan GridLayout.5. Event Handling, untuk menangani event yang dilakukan oleh user sepertimenekan tombol, memperbesar atau memperkecil ukuran frame dllCONTOH PROGRAM GUI (KALKULATOR SEDERHANA )§  SOURCE
  private void jButton6ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                                System.exit(0);    }                                        private void jButton5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                                // TODO add your handling code here:        jTextField1.setText("");        jTextField2.setText("");        jTextField3.setText("");    }                                       private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                                // TODO add your handling code here:         int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());        int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());        int hasil = bil1 - bil2;        jTextField3.setText(hasil+"");     }                                       private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        // TODO add your handling code here:         int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());        int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());        int hasil = bil1 + bil2;        jTextField3.setText(hasil+"");    }                                        private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                                // TODO add your handling code here:         int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());        int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());        int hasil = bil1 * bil2;        jTextField3.setText(hasil+"");    }                                       private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                                 // TODO add your handling code here:         int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());        int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());        int hasil = bil1 / bil2;        jTextField3.setText(hasil+"");    }                                  



1 Response to "penjelasan dan komponen tentang GUI (graphical user interface)"

  1. Casinos | Lucky Club
    Find all about the best gambling sites here. Find the best slots, roulette, video poker, and blackjack. From casino games, to table games to luckyclub live poker

    ReplyDelete

My Blog List