GUI(GRAPHICAL
USER INTERFACE )§ GUI
= Grafical User Interface adalah teknik pemrograman window dengan menggunakan
komponen window sehingga user dapat berinteraksi dengan nyaman dengan window
Seluruh komponen window seperti Menu, Label, Button dll
adalah subclass dari class Component § Interface
berfungsi sebagai sarana bantu agar user
dapat berinteraksi dengan program
§ GUI
(Graphic User Interface )
- Interface yang digunakan dalam
bentuk grafikIstilah
Penting pada GUI-
Container adalah Wadah
untuk meletakkan komponen- komponen GUI.
-
Komponen GUI mewarisi
kelas JComponent, antara lain:
§ Tombol:
JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuItem
§ Combo
box: JCombobox
§ List:
JList
§ Menu:
JMenu, J MenuItem
§ Label:
JLabel
§ Text
Field:JTextField
§ Tabel
: JTabel
Komponen Komponen Tools Pada
Netbeans Swing Containers
Swing Controls
Swing Menus
- Event
: Sinyal yang dibangkitkan untuk merespon aksi dari user.
§ Contoh:
aksi dari klik mouse/ keyboard
§ Aksi
tsb akan ditangani oleh Event Handler
- Dialog
§ Sebuah
Window kecil untuk menampilkan info sederhana pad user
- Layout
§ Sebuah window utama dapat terdiri dari beberapa
komponen yang dapat disesuaikan dengan layout
- Menu
§ Adalah
sekumpulan perintah yang dapat dipilih user untuk menjalankan perintah
tertentu. Menu dibuat untuk memudahkan user mengetahui fasilitas yang tersedia
pada suatu program.
API(aplication
programming interface) untuk GUI§ AWT
(Abstract Window Toolkit):Library
dan komponen GUI (java.awt) yang pertama
kali diperkenalkan oleh Java, Sun tidak merekomendasikan
lagi penggunaan komponen GUI dari AWT
§ Swing
or JFC (Java Foundation Class):Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari
Java dan yang direkomendasikan Sun untuk pemrograman GUI. Komponen Swing
sebagian besar adalah turunan AWT dan lebih lengkap daripada AWTü Komponen Dasar SwingSecara
umum terdapat 5 bagian swing yang akan sering digunakan yaitu:1. Top-level
Container, merupakan container dasar dimana komponen lainnya
akandiletakkan. Contoh container seperti ini, yaitu Frame, Dialog, dan
Applet yangdiimplementasikan berupa class Jframe, Jdialog, dan Japplet.2. Intermediate
Container, merupakan container perantara dimana komponenlainnya akan
diletakkan, salah satu contohnya pane yang diimplementasikanberupa class
Jpanel.3. Atomic
Component, merupakan komponen yang memiliki fungsi yang spesifik,dimana
umumnya user langsung berinteraksi dengan komponen jenis ini. ContohJbutton,
Jlabel,JtextField, dan JtextArea4. Layout
Manager, berfungsi untuk mengatur bagaimana tata letak atau posisikomponen
yang akan diletakkan, satu sama lain di dalam suatu container.
ContohBorderLayout, BoxLayout,FlowLayout, GridBagLayout, dan GridLayout.5. Event
Handling, untuk menangani event yang dilakukan oleh user sepertimenekan
tombol, memperbesar atau memperkecil ukuran frame dllCONTOH
PROGRAM GUI (KALKULATOR SEDERHANA )§ SOURCE
private void
jButton6ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { System.exit(0);
} private void
jButton5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here:
jTextField1.setText("");
jTextField2.setText("");
jTextField3.setText(""); } private
void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: int
bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int
bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int
hasil = bil1 - bil2;
jTextField3.setText(hasil+""); } private
void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here: int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int hasil = bil1 + bil2; jTextField3.setText(hasil+""); } private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int hasil = bil1 * bil2; jTextField3.setText(hasil+""); } private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int hasil = bil1 / bil2; jTextField3.setText(hasil+""); }
No.
|
Tools
|
Fungsi
|
1.
|
Panel
|
Untuk mengelompokkan komponen-komponen.
|
2.
|
Split Pane
|
Menampilkan dua komponen dalam ruang yang tetap, memungkinkn user untuk
menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk setiap komponen.
|
3.
|
Tool Bar
|
Sebagai tempat untuk menampilkan tool-tool yang bertujuan mempermudah
user dalam mengoperasikan beberapa tool-tool yang mungkin sering digunakan.
|
4.
|
Internal Frame
|
Merupakan frame internal (di dalam frame utama). membuat banyak window
(multi-window) di dalam satu frame.
|
5.
|
Tabbed Pane
|
Membuat frame yang terdiri dari tab-tab yang bisa dipilih oleh user.
|
6.
|
Scroll Pane
|
Menyediakan scroll bar di sekeliling perubahan ukuran komponen.
|
7.
|
Desktop Pane
|
|
8.
|
Layered Pane
|
Menyediakan tiga lapis dimensi untuk memposisikan komponen.
|
No.
|
Tools
|
Fungsi
|
1.
|
Label
|
Untuk memberikan keterangan tambahan atau indentitas pada tombol atau
perintah lainnya.
|
2.
|
Toggle Button
|
Button yang selalu berada dalam salah satu dari dua kondisi. Setiap klik
pada button akan merubah dari kondisi satu ke kondisi lainnya.
|
3.
|
Radio Button
|
Untuk meminta user agar memilih satu dari lebih dua pilihan, contoh
penggunaannya adalah ketika kita mengisi data diri untuk pilihan jenis
kelamin.
|
4.
|
Combo box
|
Berfungsi untuk menyisipkan beberapa pilihan / perintah, sehingga dengan
Combo Box ini lebih menghemat tempat, karena dalam Combo Box ini terdiri dari
beberapa pilihan.
|
5.
|
Text Field
|
Untuk membuat kolom agar kelak bisa diisi perintah-perintah teks atau
angka oleh user, semisal pada pembuatan aplikasi kalkulator “text field”
berfungsi menampilkan hasil dari hitungan kalkulator tersebut.
|
6.
|
Scroll Bar
|
Untuk menggeser jendela (windows) secara vertikal.
|
7.
|
Progress Bar
|
Digunakan untuk menampilkan status proses.
|
8.
|
Password Field
|
Tempat untuk mengisikan password yang kita miliki.
|
9.
|
Separator
|
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah antar garis yang ada pada aplikasi
atau software yang nantinya akan dibuat.
|
10.
|
Editor Pane
|
Sebuah panel yang digunakan untuk
mengedit tulisan.
|
11.
|
Tabel
|
Menampilkan atau menyisipkan tabel pada aplikasi yang nantinya akan kita
buat.
|
12.
|
Button
|
Kontrol yang tampil pada layar dengan bentuk tertentu yang mirip dengan
tombol persegi panjang dengan tulisan di tengahnya.
|
13.
|
Check Box
|
Memilih lebih dai satu pilihan, dengan menyimpan data dan akan
menampilkannya ketika di klik.
|
14.
|
Button Group
|
Untuk menggabungkan seluruh button supaya menjadi satu kesatuan fungsi.
|
15.
|
List
|
Untuk menampilkan beberapa item.
|
16.
|
Text area
|
Tempat mengetikkan tulisan yang berada dalam kotak yang mempunyai fungsi
scroll.
|
17.
|
Slider
|
Berfungsi sebagai visualisasi proses perjalanan dari sebuah musik atau
video.
|
18.
|
Formatted Field
|
|
19.
|
Spinner
|
Berisi angka yang diletakkan secara ringkas atau berupa daftar, ketika
kita membutuhkan angka lebih kecil, kita tinggal klik tanda
panah sampai muncul angka yang kita inginkan,
atau sebaliknya misalkan kita butuh angka lebih besar klik tanda panah sampai
muncul angka yang kita inginkan.
|
20.
|
Text pane
|
Menampilkan teks dan membolehkan user untuk mengeditnya.
|
21.
|
Tree
|
Menampilkan data dalam bentuk hirarkis.
|
No.
|
Tools
|
Fungsi
|
1.
|
Menu Bar
|
Untuk
menciptakan tab-tab menu yang nantinya dipergunakan untuk perintah menu yang
diinginkan.
|
2.
|
Menu
|
Membentuk
perintah menu yang masih bisa dilanjutkan ke menu yang lebih khusus.
|
3.
|
Menu Item
|
Berisi perintah-perintah
spesifik yang ada dalam menu bar, sehingga perintah-perintah pada menu item
lebih khusus.
|
4.
|
Menu Item/CheckBox
|
Memberi tanda
(V) pada menu perintah tertentu supaya komputer melakukan seperti apa yang
kita perintahkan.
|
5.
|
Menu Item/Radio Button
|
Untuk
melakukan rating atau survey sesuatu alamat website atau digunakan pada
perintah pemilihan halaman cetakan pada printer.
|
6.
|
Popup Menu
|
Menu yang
akan tampil secara otomatis atau apabila kita menggerakkan kursor mouse pada
area tertentu, biasanya berisi tentang informasi suatu obyek/icon/menu.
|
7.
|
Separator
|
Berfungsi
sebagai “sekat” atau pemisah antar garis yang ada pada aplikasi atau software
yang nantinya akan dibuat.
|
// TODO add your handling code here: int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int hasil = bil1 + bil2; jTextField3.setText(hasil+""); } private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int hasil = bil1 * bil2; jTextField3.setText(hasil+""); } private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: int bil1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int bil2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int hasil = bil1 / bil2; jTextField3.setText(hasil+""); }
Casinos | Lucky Club
ReplyDeleteFind all about the best gambling sites here. Find the best slots, roulette, video poker, and blackjack. From casino games, to table games to luckyclub live poker